Minggu, 02 September 2012

Tips Desain Taman Minimalis

Desain Taman minimalis merupakan sebutan untuk desain taman yang sesuai dengan gaya minimalis yaitu gaya modern yang berkembang di negeri kita. Desain taman ini mengetengahkan desain taman yang jernih, dengan material seperti batu alam, batu susun sirih, semen ekspos, dan sebagainya. Jenis taman untuk rumah minimalis memang cukup spesifik dan tidak semua jenis dekorasi taman bisa berpadu dengan baik untuk jenis rumah seperti ini.
Rumah bergaya minimalis akan terlihat semakin menawan jika dipadukan dengan taman bergaya minimalis pula. Kedua hal tersebut akan saling melengkapi dan dapat hadir sebagal visualisasi yang selaras dan serasi. Perpaduan tersebut memberi dampak positif bagi lingkungan, terutama penghuni rumah. Lingkungan yang tercipta akan nyaman dan asri. Sementara energi positif dan perasaan tenang akan didapat penghuni rumah. Taman minimalis memang paling cocok jika disandingkan dengan rumah minimalis sebagai solusi keterbatasan lahan, waktu, dan biaya.

Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka di rumah Anda, bukan berarti membuat taman menjadi hal mustahil. Taman dapat diciptakan dengan memadukan elemen keras dan lunak. Elemen keras diwakili furnitur taman dan elemen lunak dari tanaman atau pohon pengisi. Anda dapat memadukannya sesuai kreativitas untuk tampilan lebih sempurna. Untuk tampilan minimalis, Anda dapat memilih furnitur taman berbentuk simpel, dari bahan yang awet. Misalnya, bahan semen, batu, kaca, atau plastik. Untuk mendapatkan yang lebih menarik dan sempurna, pada taman minimalis dan simple, tanaman di taman ini dipadukan dengan hardscape dan lightscape atau pencahayaan.

Softscape
Keindahan taman minimalis tak bisa dilepaskan dari keindahan rumput. Taman akan terlihat kurang sedap bila rumputnya kering atau botak. Merawat rumput untuk tampilan maksimal memang gampang-gampang susah. Namun, ini layak dilakukan karena akan terbayar lewat tampilan yang indah. Kemudian mengenai jenis tanaman atau softscape, sebaiknya batasi jumlah tanaman dan ornamen yang hendak ditata di taman. Justru, makin sedikit jumlah yang dipakai, hasilnya semakin baik. Lebih baik sedikit namun memukau, ketimbang banyak jenisnya tetapi semrawut.
Taman yang simpel biasanya hanya terdiri atas satu dua jenis pepohonan serta rumput menutupi tanahnya. Dalam membatasi jenis tanaman, agar aman pilih tanaman “sejenis”. Misalnya, sama dalam model daun, cabang kayu, warna bunga, dan lainnya. Pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu ramai. Misalnya, daun dan batang kayu yang cenderung monokrom, atau pilih pohon berbunga dengan warna tidak lebih dari satu, supaya tidak terlalu “meriah”. Sementara, untuk kategori memilih tanaman simpel antara lain ranting dan cabangnya besar, tidak butuh banyak perawatan, tanaman segala musim, tidak terlalu rimbun atau banyak dahan, serta cenderung memiliki daun besar dan tidak bertulang jari. Contoh tanamannya adalah Kamboja, Yangliu, dan Iris.

Hardscape
Setelah memilih jenis tanaman yang tepat, Anda bisa menambahkan hardscape dalam taman. Anda bisa memilih menggunakan perkerasan atau paving, foot stepping, perkerasan dengan beton, batu bata, keramik, batu alam, simple bench, atau dek kayu. Pada lahan yang luas dan ingin menerapkan konsep desain taman minimalis, Anda dapat memadu padankan dengan kolam ikan atau reflecting pool.

Lightscape
Pencahayaan buatan sebagai sumber penerangan taman bisa dinikmati ketika malam datang. Selain fungsi dekorasi, pencahayaan di taman juga fungsional demi menjaga keamanan hunian. Karena itu gunakan instalasi yang baik serta serahkan kepada tenaga ahli dalam pemasangannya. Catatan khusus untuk pencahayaan dekoratif bisa hadir lewat dua metode, yaitu downlighting, atau upper lighting. Dengan downlighting, bias cahaya yang dihasilkan berkesan alami seperti pancaran cahaya matahari. Arahkan ke pohon atau struktur di taman, maka tercipta bayangan lembut di taman. Sementara itu, upper lighting digunakan untuk menciptakan efek bayangan halus, memperjelas figur objek, membuat siluet serta menghadirkan focal point di taman.

Kami menerima jasa pembuatan / pengerjaan taman & kolam ikan mulai dari tipe taman minimalis sampai modern. Kami menyediakan dekorasi taman serta pembuatan taman, dan juga renovasi taman, kolam, gazebo, rumput, jasa perencanaan landscaping, jasa  desain taman rumah sekaligus  jasa pembuatan taman seperti taman minimalis, taman kering, taman eropa, taman jepang, vertikal garden, roof garden, taman klasik, taman bali, taman mediterania, kolam minimalis, kolam koi, waterfall (air terjun buatan), dan lain-lain untuk memperindah halaman rumah atau pekarangan anda.
Jika anda berminat silahkan menghubungi saya di 085244484397 (Arif Santoso)

ads

Ditulis Oleh : Arif Santoso Hari: 00.00 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar